Sulitnya Beradaptasi dengan Keadaan yang Baru:)

Mari masuk dalam dunia pemikir ulung sepertiku . Mari bercerita dan berbagi perasaan lewat barisan kalimat per paragraf . Mungkin membosankan , tapi coba cari apa yang bisa kau dapatkan dari tulisan membosankan ini .
Selamat menyelam dan semoga tak menyesal .
Go!!!

Hari ini kondisi kesehatanku menurun , dari semalam pusing dan rasa sakit di sekujur badan mulai terasa . Terbukti saat bangun subuh tadi , semua badanku terasa sakit dengan suhu yang agak panas . Aku rasa aku butuh sedikit istirahat , tapi untuk itu rasanya sangat sulit di lakukan karena ada beberapa pekerjaan rumah yang harus kulakukan , ditambah lagi dengan mengurus adikku yang masih kelas dua MI . Seperti yang diketahui , anak laki-laki sangatlah aktif dan cenderung memerlukan banyak tenaga untuk mengurusnya .

Akhirnya ku putuskan untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan rumah dan mulai melanjutkan membantu adikku mengerjakan tugas sekolahnya . Ku pikir setelah ini aku bisa beristirahat , namun nyatanya tugas pendidikan tengah menunggu dengan jumlah yang lumayan banyak . Lagi-lagi aku harus menguatkan diri untuk bisa melanjutkan pekerjaan ini secepat mungkin . 

Sejauh ini aku masih tidak bisa mengatur jam kegiatan di rutinitas baruku . Aku yang terbiasa mengerjakan segala sesuatunya secara teratur dari dulu , sekarang malah tidak bisa melakukan hal yang sama . Banyak faktor yang mempengaruhinya , salah satunya ialah jam mata kuliah yang tidak sesuai jadwal dan rancu (Faktor utama yang membuatku jengkel dan bingung dalam mengatur kegiatan sesuai jam) . Hal tersebut merupakan hal yang selalu tidak memiliki kepastian , semisal di infokan bahwasannya jam mata perkuliahan akan diadakan jam sekian namun setelah pada jamnya malah tidak tepat waktu dan cenderung mengulur waktu hingga satu jam lamanya . Alhasil apa yang sudah direncanakan harus tergeser-geser jamnya .

Kalau ini hanya masalah mengatur waktu saja , harusnya dalam daftar kegiatan sehari-hari turut dimasukkan jam dimana suatu kegiatan mendadak seperti hal yang ku sebutkan di atas disediakan waktunya sendiri . Dan untuk itu aku belum bisa mengaturnya lagi . Mungkin memang seperti ini rasanya berkuliah secara daring , selain banyak kendala juga dalam pelaksanaannya cenderung tidak efektif .


Akan tetapi kali ini aku mencoba memikirkan solusi untuk permasalahan ini (sembari memikirkan cara untuk mengatur jam dan kegiatan secara teratur lagi) yakni dengan menyediakan selingan waktu dalam kegiatan produktif berupa peregangan kecil ataupun istirahat sejenak . Hal ini tentunya sangat penting untuk sekedar mengistirahatkan jasmani maupun rohani , sehingga kita tidak akan mudah lelah baik secara fisik maupun pikiran . 

Untuk apa yang kualami ini semoga dari kalian sendiri tak melakukan hal yang sama . Coba terapkan selingan istirahat diantara pengerjaan hal yang produktif . Oh yah , tambahan sedikit informasi , aku pernah membaca sebuah literatur yang aku lupa judulnya . Isinya kurang lebih mengatakan apabila kita merasa sudah cukup dalam istirahat / tidur namun masih merasa lelah saat bangun tidur , itu tandanya jiwa kita yang sedang tidak baik-baik saja .
Untuk itu , demi kebaikan sebaiknya tanamkan dalam diri untuk tidak terlalu overthinking terhadap apa-apa yang sudah maupun belum terjadi , cukup pikirkan apa yang sudah di depan mata dan berhenti berpikir mengenai hal yang sudah di jalani (Untuk bisa seperti ini ada baiknya saat mengerjakan segala sesuatu harus secara maksimal sehingga tidak meninggalkan beban pikiran berupa apa dan bagaimana setelahnya) .

Mungkin hal ini tidak serta merta membuahkan hasil , akan tetapi coba saja di terapkan secara bertahap . Barangkali walaupun tidak membuat perubahan besar setidaknya dapat menurunkan resiko sakit karena ketidakmampuan mengatur waktu dan resiko lelahnya pikiran .


Tetap sehat yah pikiranmu! Jangan banyak bertingkah , banyak tingkah = mati . Just do anything what you want , but don`t break anyone else . Paham kan?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjara untuk Kebebasan

Resensi Buku : Saman

Come Back!!!