Apa Itu Kepribadian dan Tipenya Meliputi Apa Saja?

MEMAHAMI KEPRIBADIAN
Sumber Bacaan : 5 Langkah Menjadi Pribadi Unggul , Memikat & Berpengaruh
Oleh : Daniel Nugroho



Menurut buku yang ditulis oleh Daniel , kepribadian adalah sifat batin yang mempengaruhi perbuatan , perasaan , pikiran , pemberani , teliti dan lain sebagainya . Misalnya berupa karakter yang ada dalam diri manusia itu sendiri . Kepribadian merupakan gabungan pembawaan sejak lahir yang diwariskan oleh orang tua .


Kedua ialah kebiasaan yang meliputi kegiatan berupa kebiasaan tidur , belajar , gaya makan , cara bekerja , hingga cara bergaul . Ciri ini diturunkan berdasarkan kebangsaan , ras , dan jenis kelamin . Dengan begitu kita menyadari betapa antara manusia yang satu dengan yang lainnya tidak memiliki secara persis kelebihan dan kelemahan yang sama .


Hippocrates , seorang bapak ilmu pengobatan dari Yunani (370-460sm) , mengemukakan suatu teori yang mengatakan bahwa pada dasarnya ada empat tipe temperamen dasar yang dimiliki oleh manusia . Adanya ke empat tipe temperamen ini adalah akibat dari empat macam cairan tubuh yang sangat penting di dalam tubuh manusia , yaitu darah , empedu kuning , empedu hitam , dan flegma.


Kini sebutan “cairan” tersebut diganti menjadi hormon dan unsur-unsur biokimia lainnya. Hippocrates memberi nama temperamen-temperamen tersebut sebagai berikut :

  Sanguin (Sanguine), terdiri dari darah yang berarti hidup
  Kolerik (Choleric), terdiri dari cairan empedu kuning (choler) yang berarti aktif
  Melankolik (Melancholy), terdiri dari cairan empedu hitam yang berarti murung
  Flegmatik (Phlegmatic), terdiri dari cairan phlegma yang berarti lambat


Dalam kehidupan , setiap pribadi tak pernah memiliki satu temperamen saja , melainkan memiliki gabungan temperamen yang menunjukkan kepribadiannya . Namun demikian, pasti ada satu tipe temperamen yang paling menonjol daripada temperamen lainnya (dominan).


Tipe-tipe Kepribadian :

1. Tipe Kepribadian Sanguinis (SI POPULER)
Orang dengan kepribadian sanguinis cenderung ingin populer , ingin disenangi oleh orang lain . Mereka senang sekali berbicara tanpa bisa dihentikan . Gejolak emosinya bergelombang dan transparan .
Pada suatu saat ia berteriak kegirangan, dan beberapa saat kemudian ia menangis tersedu-sedu . Namun orang-orang sanguinis ini cenderung agak pelupa , sulit berkonsentrasi , cenderung berpikir pendek , dan hidupnya serba tak beratur .

Namun , apabila disuruh melakukan sesuatu ia akan cepat mengiyakan dan terlihat sepertinya betul-betul hal itu akan ia lakukan .

Kekuatan Sanguinis :

Suka bicara, antusias, ekspresif, ceria, penuh rasa ingin tau, mudah berubah karena banyak kegiatan dan keinginan, berhati tulus, kekanak-kanakan, senang berkumpul untuk bertemu dan berbicara, umumnya hebat di permukaan, mudah berteman dan menyukai orang lain, senang dengan pujian, ingin menjadi pusat perhatian, menyenangkan dan dicemburui orang lain, mudah memaafkan, mengambil inisiatif, spontanitas, seorang yang demonstratif dan emosional.

Kelemahan Sanguinis :

Suara dan tertawanya keras, membesar-besarkan suatu hal, susah diam, mudah dikendalikan orang lain, suka berkelompok atau geng, rentan konsentrasi pendek, mudah berubah-ubah, susah tepat waktu, prioritas kegiatan kacau, mendominasi percakapan, suka menyela dan susah mendengarkan secara tuntas, egois, dan sering berdalih.

2. Tipe Kepribadian Plegmatis (SI CINTA DAMAI)

Orang dengan kepribadian plegmatis tidak menyukai konflik. Baginya kedamaian adalah segalanya , jika timbul masalah maka ia akan mencari solusi tanpa menimbulkan pertengkaran. Ia mau merugi sedikit atau rela sakit, asalkan masalahnya cepat selesai.
Kaum plegmatis kurang bersemangat, kurang teratur dan serba dingin, cenderung diam, kalem, dan kalau memecahkan masalah umumnya sangat menyenangkan. Dengan sabar ia mau menjadi pendengar yang baik, tapi jika disuruh mengambil keputusan maka ia akan menunda-nunda.

Berurusan dengan orang plegmatis bisa serba salah. Ibarat keledai “Kalau didorong ngambek , tapi kalau dibiarin gak jalan”.

Kekuatan Plegmatis :

Mudah bergaul, santai, tenang, teguh, sabar, pendengar yang baik, tidak banyak bicara, cenderung bijaksana, simpatik, baik hati, sering menyembunyikan emosi, cenderung ingin segalanya terorganisasi, penegah masalah yang baik, berusaha menemukan cara termudah, baik dibawah tekanan, menyenangkan, humoris, peduli, mudah rukun, dan damai.

Kelemahan Plegmatis :

Tidak suka perubahan, takut dan khawatir, menghindari konflik dan tanggungjawab, keras kepala, sulit berkompromi, terlalu pemalu dan pendiam, humor kering dan sarkastik, kurang berorientasi pada tujuan, sulit bergerak dan memotivasi diri, tidak senang di desak, suka menunda dan menggantung masalah.


3. Tipe Kepribadian Melankolis (SI SEMPURNA)

Orang dengan kepribadian melankolis agak bersebrangan dengan sanguinis . Si melankolis cenderung serba teratur, rapi, terjadwal, tersusun sesuai pola. Umumnya mereka ini suka dengan fakta , data , angka , dan sering memikirkan segalanya secara mendalam. Orang melankolis selalu ingin serba sempurna dan ingin teratur.

Kekuatan Melankolis :

Analitis , mendalam dan penuh pemikiran, serius dan bertujuan, terjadwal, artistik, musikal dan kreatif, sensitif, idealis, perfeksionis, tekun, serba tertib, senang perincian, hemat, puas dibelakang layar, menghindari perhatian, setia.

Kelemahan Melankolis :

Cenderung melihat masalah dari sisi negatif, murung dan tertekan, pendendam, mudah merasa bersalah, lebih menekankan pada cara daripada tujuan, standar tinggi, hidup berdasarkan definisi, sulit bersosialisasi, sensitif pada kritik yang menentangnya, skeptis terhadap pujian.


4. Tipe Kepribadian Koleris (SI KUAT)

Orang dengan tipe kepribadian koleris suka sekali mengatur orang. Akibat sifatnya yang “bossy” , ia tak punya banyak teman .
Orang koleris suka sekali dengan tantangan . Mereka mempunyai rasa “hanya saya yang bisa menyelesaikan segalanya, tanpa saya semuanya berantakan” . Karena itu mereka sangat good oriented, tegas, kuat, cepat, dan tangkas mengerjakan sesuatu. Baginya tak ada istilah tidak mungkin.

Kekuatan Koleris :

Seorang leader, pengambil keputusan, dinamis, aktif, sangat memerlukan perubahan, berkemauan keras, bebas dan mandiri, suka tantangan, solutif, praktis, bergerak cepat, memiliki visi, unggul dalam keadaan darurat.

Kelemahan Koleris :

Tidak sabar dan cepat marah, senang memerintah, susah sedikit santai, menyukai kontroversi, terlaku kaku dan keras, tidak menyukai simpatik dan air mata, tidak suka bertele-tele, keputusan sering tergesa-gesa, banyak tuntutan terhadap orang lain, cenderung memperalat orang lain, gila kerja, sulit minta maaf, merasa dirinya paling benar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjara untuk Kebebasan

Resensi Buku : Saman

Come Back!!!